Masyarakat Desa Ketringan Kabupaten Blora dan sekitarnya dapat menikmati indahnya panorama puncak "PROBALI" untuk melepas kepenatan.
Puncak PROBALI merupakan kawasan perbukitan yang berada di perbatasan 3 Kabupaten yakni Blora, Bojonegoro dan Tuban yang berada di sudut paling timur Desa Ketringan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Di lokasi ini telah dibangun tempat peristirahatan semacam pesanggarahan

berupa Cungkup oleh RM Hanindyo Andri Haskoro putra Bupati Blora Drs RM Yudhi Sancoyo. Hal ini terlihat dari prasasti yang ada di kawasan puncak PROBALI ini yang bertuliskan "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Telah didirikan Cungkup Argopuro Pada Hari Selasa Pon tanggal 5 Februari 2008 Keluarga Koesoemaningrat yang ditandarangani oleh RM Hanindyo Andri Haskoro". Di lokasi ini selain dijadikan tempat wisata bagi pecinta alam juga ada yang menggunakan sebagai tempat melaksanakan ritual kepercayaan seperti yang dilaksanakan oleh seorang bernama Pak Tanggoh yang sedang "Nyepi" di tempat ini.
Saat bloranet mendaki Puncak Argopuro PROBALI tersebut ada pula yang datang dari daerah Jlodro, Soka Jawa Timur serta muda-mudi daerah Blora. Kedatangan mereka bervariasi ada yang sekedar ingin melihat pemandangan atau panorama yang indah namun ada pula yang melaksanakan ritual di tempat yang cukup tinggi ini.
Untuk menuju lokasi kawasan Puncak Argopuro Probali ini harus melewati jalan setapak meskipun membawa Sepada motor, namun harus berhenti di kaki puncak dan untuk menuju Cungkup yang berada di Puncak Argopuro harus melanjutkan dengan berjalan kaki dengan jarak lebih kurang 1 Km. Dari atas puncak tersebut dapat dinikmati indahnya panorama yang indah untuk sekedar melapas lelah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top