Tampil Cantik dari Alam Indonesia
Liana Garcia

ada 6.500 varietas tanaman, tentu saja Indonesia merupakan tempat ideal berbagai bahan baku untuk mendapat penampilan sempurna.

Semuanya tersedia dengan berlimpah, sebut saja beras yang baik untuk proses scrubbing atau pengelupasan kulit mati, minyak kelapa yang kerap dipergunakan untuk ekstrak sabun, shampoo, ataupun body lotion, atau ekstrak aneka bunga yang juga digunakan untuk aromaterapi, relaksasi dan healing.

Lalu, apa saja sih hasil alam Indonesia yang banyak di adaptasi produsen perawatan dan kecantikan tubuh? Dan apa saja fungsinya? Mau tahu? Ini dia daftarnya:

1. Beras

Beras merupakan makanan utama mayoritas rakyat Indonesia, yang memiliki struktur yang sama dengan ceramide, di mana fungsinya adalah bertanggung jawab dalam meregnerasi sel kulit. Belum lagi vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras akan membuat kulit terasa lembut. Beras dikenal sangat baik untuk digunakan dalam proses body scrubbing dan ritual facial.

2. Kelapa

Sebagai salah satu tumbuhan yang paling mudah dijumpai di sepanjang pantai, kelapa memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Ekstrak minyaknya dimanfaatkan untuk melembabkan tubuh, shampoo, dan sabun. Karena teksturnya, yang melembabkan dan aromanya yang tropikal, membuat kelapa juga sering dimanfaatkan sebagai body massage oil. Hampir semua produk perawatan rambut, wajah, dan tumbuh memiliki coconut range.

3. Mandi Lulur

Lulur adalah tradisi para putri keraton sejak abad ke 17, untuk mengelupas kulit mati di tubuh mereka sehingga kulit kembali halus dan berkilau. Untuk melakukan lulur, biasanya digunakan racikan dari tumbukan beras, kunyit, temulawak, ekstrak bunga melati, dan minyak kelapa. Semuanya merupakan bahan baku yang berasal dari aneka tanaman khas Indonesia.

Usai luluran, biasanya dilanjutkan dengan terapi minum jamu, dimana ramuan yang terkandung di dalamnya merupakan ramuan aneka tanaman herbal Indonesia untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh.

4. Mandi Susu

Pada awalnya mandi susu adalah merendam tubuh di dalam bath tub yang berisi susu sapi atau kambing untuk mendapatkan kulit halus dan putih. Seiring dengan kemajuan teknologi, susu yang digunakan sudah berupa bubuk dan merupakan ekstraknya saja, sehingga tidak lagi berlemak dan bau.

5. Boreh Bali

Balinese Boreh Bali sudah terkenal di seluruh dunia, ramuan ini adalah perawatan untuk menghangatkan tubuh sehingga terhindar dari penyakit, seperti sakit kepala, batuk, ataupun rematik dengan menggunakan ramuan herbal, yang diantaranya adalah jahe, kayu manis, tumbukan beras, dan minyak hangat. Setelah dioleskan ke sekujur tubuh dan mengering, ramuan akan digosok sampai bersih. Dilanjutkan dengan pemakaian body lotion atau pelembab.

6. Aromaterapi

Berbagai bunga yang tumbuh dengan subur menginspirasi lahirnya spa aromaterapi yang memanfaatkan ekstrak aneka bunga. Ekstrak bunga ini akan dicampur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat tubuh sehingga menambah rileks otot dan syaraf tubuh. Tubuh akan dipijat untuk melancarkan peredaran darah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top